Konsultasi? Yuk tanya - tanya di : 0812 - 9008 - 3983 chat sekarang!

menu

Orang Introvert Juga Bisa Sukses di Dunia Entrepreneur

By: Rifzky Alam

Kamu orang introvert? sering menyendiri, sering tidak percaya diri. Tidak perlu khawatir kamu memang seperti itu namum bukan berarti kamu tidak bisa sukses didunia entrepreneur.
Padahal banyak sekali orang introvert yang sukses didunia dan bisa kamu contoh.

Kelebihan Orang Introvert

Perencana Yang Hebat
Kamu membutuhkan manager atau perencana yang handal? Carilah orang introvert. Dr, Laurie Helgoe, penulis ” Introvert Power: Why Your Inner Life is Your Hidden Strength”. Mengatakan jika kekritisan orang introvert menjadikan mereka lebih realistis dalam menganalisa feedback dan informasi yang ada. Mereka akan mempertimbangkan segala hal dengan seksama dan merancang dengan sangat detail juga lebih hati-hati.

Pendengar Yang Baik
Yang paling terlihat membedakan orang introvert dari orang ekstrovert adalah kemampuan mereka dalam mendegarkan dari orang lain. Orang ekstrovert lebih suka berbicara panjang lebar sehingga terkadang lupa untuk memberikan waktu bagi orang lain. Dalam menangani klien, orang yang introvert lebih diandalkan karena mampu mendengarkan klien selama berjam-jam. Sifat mereka yang perhatian membuat orang lain nyaman dan percaya untuk menyampaikan pendapat mereka.

Pemikir dan Pembicara yang Bijak
Salah satu kelemahan orang ekstrovert adalah kurangnya kendali atas kata-kata yang mereka ucapkan. Dalam percakapan, cenderung orang ekstrovert berkata tanpa berpikir terlebih dahulu. Hal ini akan dapat berakibat buruk terhadap hubungan mereka dengan rekan kerja dan juga klien. Berbeda dengan orang introvert selalu berpikir terlebih dahulu sebelum mereka berbicara. Tidak hanya pemikir, mereka juga bisa dibilang pembicara yang bijak. Mereka akan mempertimbangkan dengan seksama apa yang perlu dan tidak perlu untuk dikatakan.

Mandiri
Orang introvert bisa dibilang orang yang independen atau mandiri. Sementara orang ekstrovert membutuhkan lingkungan sosial yang luas untuk berkembang, orang introvert tidak perlu mengandalkan orang lain karena cukup nyaman dengan dirinya sendiri. Orang introvert lebih berani dalam berkarya karena mereka tidak terlalu pada pendapat orang lain.

Saat orang ekstrovert membutuhkan orang lain untuk membantu mereka memutuskan, orang introvert selalu menggunakan waktu kesendiriannya untuk menentukan keputusan terbaik yang harus diambil. Contohnya adalah Abraham Lincoln, presiden Paman Sam (Amerika) ke 16 dan 17. Selama pemerintahannya, ternyata Abraham diketahui sering menyendiri sebelum mengambil keputusan-keputusan yang penting.

Training di FAC Institute


Kekurangan Introvert

Namun, sama halnya dengan ekstrovert, orang introvert pun memiliki kelemahannya sendiri, khususnya dalam hal seperti komunikasi pesan yang ingin disampaikan. Berikut rangkuman, hal-hal yang didapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan bersosialisasi dan berbisnis untuk seorang entrepreneur yang introvert :

Buat Acara Perusahaan untuk Menjaga lingkaran Sosial
Orang introvert sering kali mengadakan acara makan malam tahunan, acara sosial atau acara formal lainnya untuk mempertemukan semua pegawai perusahaan. Mengadakan acara perusahaan berguna untuk tetap menjaga lingkungan interaksi sosial kamu. Semua rancangan acara maupun dekorasi ruangan harus mendukung kamu untuk berinteraksi. Contohnya, meja makan cukup terdiri dari 3-4 kursi saja agar tidak terlalu banyak orang dan Anda dapat berinteraksi dengan lebih nyaman

Jadikan Orang Ekstrovert Rekan dan Pegawai
Seorang CEO introvert akan membentuk tim yang baik dan kompak dengan rekan atau pegawai ekstrovert. Orang introvert cenderung memiliki lingkaran sosial yang kecil dan kurang familiar, sedangkan orang ekstrovert memiliki jaringan komunikasi yang luas. Pegawai dengan kemampuan sosial yang hebat akan dapat memperluas jaringan bisnis dan klien kamu.

Me-Time
Waktu pribadi adalah hal yang mendasar bagi orang introvert. Berbeda dengan orang ekstrovert yang mendapat energi melalui orang-orang di sekitarnya, orang introvert perlu mengisi energi kembali melalui kesendiriannya. Kamu dapat mengisi energi dengan bersantai di rumah, tidur siang, membaca buku dan kegiatan pribadi lainnya. Sekalipun kamu sedang mengalami kesulitan dalam pekerjaan, tetap luangkan waktu untuk beristirahat sejenak. Dengan demikian, pikiran kamu akan lebih jernih dan berenergi untuk kembali bersosialisasi.
 
Menjadi orang yang introvert tidak dapat menghalangi kamu menjadi seorang entrepreneur yang sukses. Justru, kamu memiliki kualitas dan kelebihan yang perlu dikembangkan dengan cara yang efektif. Apakah kamu sudah siap untuk menjadi entrepeneur yang sukses?

 

Hubungi Kami FAC Institute

Butuh Training atau kursus Accurate ? Kunjungi Website FAC Institute sebagai implementator resmi Training Accurate.

FAC INSTITUTE akan ajarkan Anda A to Z cara pakai software ACCURATE tanpa Anda harus mahir akuntansi. Sejak 2014 sudah melakukan training accurate ke lebih dari 2000 klien di seluruh Indonesia, baik pebisnis UMKM, skala menengah hingga korporasi, perusahan dalam negeri maupun luar negeri.

artikel