Konsultasi? Yuk tanya - tanya di : 0812 - 9008 - 3983 chat sekarang!

menu

5 Tips Mudah Untuk Menjadi Seorang Akuntan

By: Rifzky Alam

5 Tips Mudah Untuk Menjadi Seorang Akuntan

Akuntan adalah julukan atau gelar yang diberikan kepada seseorang yang telah menempuh pendidikan sarjana di fakultas ekonomi jurusan akuntansi dan telah lulus Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Memiliki profesi sebagai akuntan bisa disejajarkan dengan profesi sebagai ahli hukum, insinyur, notaris, ahli hukum, dsb. karena tugas dasar dari seorang akuntan adalah untuk mengawasi, menghitung, dan membuat laporan keuangan suatu lembaga, instansi, atau perusahaan.

Akuntansi adalah bagian sentral dari apa yang membuat dunia bisnis berkembang. Perusahaan kecil dan perusahaan yang sedang booming sama-sama membutuhkan akuntan untuk memastikan keuangan mereka dalam kondisi yang baik.
Dari akuntansi manajerial dan pelaporan keuangan, hingga penggajian dan pembukuan, akuntan memberi organisasi kemampuan untuk membayar karyawan mereka, mengikuti perkembangan hukum dan perubahan pajak terkini, dan membantu memandu keputusan bisnis utama.

Jika Anda selalu menjadi seseorang yang menyukai angka atau jika menurut Anda melacak pengeluaran dan membuat anggaran sebenarnya cukup menarik karier di bidang akuntansi mungkin bisa menjadi pilihan Anda. Dengan Biro Statistik Tenaga Kerja melaporkan akuntan memiliki gaji di atas rata-rata dan proyeksi yang kuat untuk pertumbuhan lapangan kerja, mudah untuk melihat bagaimana bidang pekerjaan ini bisa menarik.

Tapi bagaimana Anda bisa beralih dari posisi Anda di titik A ke karir akuntansi di titik B? Kami tahu Anda menghargai memiliki semua detail di awal, jadi kami melakukan penelitian untuk Anda. Teruskan membaca untuk tips menjadi seorang Akuntan.

Training Accurate di FAC Institute


5 Tips mudah untuk menjadi seorang akuntan

1. Temukan program yang cocok untuk Anda

Pertimbangkan jenis gelar yang Anda inginkan — associate, sarjana atau pascasarjana — dan pertimbangkan jenis spesialisasi yang Anda minati, jika ada, setelah Anda lulus. Misalnya, jika Anda tertarik dengan akuntansi forensik , Anda dapat bertanya kepada perwakilan program jalur akademis mana yang harus Anda ambil untuk mempersiapkan karir tersebut.

Saat ini, Anda juga harus mempertimbangkan jenis lingkungan belajar yang Anda sukai. Apakah Anda mencari program online atau Anda lebih suka berada di kampus? Ada sisi positif dari keduanya layak untuk ditimbang . Perguruan tinggi tertentu mungkin memiliki opsi mandiri yang memungkinkan Anda memperoleh gelar sesuai keinginan Anda. Bagaimanapun, penting untuk menemukan opsi terbaik untuk Anda.

2. Temukan jalur pendidikan yang benar

Sebagian besar majikan mengharuskan akuntan mereka memiliki setidaknya gelar sarjana, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja (BLS). 1 Postingan pekerjaan juga mencerminkan hal ini. Analisis kami terhadap lebih dari 170.000 lowongan pekerjaan akuntansi dari tahun lalu menunjukkan bahwa 98 persen postingan mencari kandidat dengan gelar sarjana atau lebih tinggi.

Itu membuat gelar sarjana di bidang akuntansi sebagai komponen kunci untuk menjadi seorang akuntan. Perlu dicatat bahwa ada juga pos-pos terkait akuntansi seperti pemegang buku , spesialis penggajian, atau pembuat pajak yang mungkin tersedia bagi mereka yang memiliki gelar associate. Posisi ini bisa berfungsi sebagai batu loncatan yang membangun pengalaman jika Anda memilih untuk mengambil jalur tambahan untuk bekerja sebagai akuntan.
Tidak peduli rute yang Anda ambil, Anda membutuhkan pendidikan.

3. Dapatkan gelar Anda dan dapatkan pengalaman

Ini adalah bagian di mana Anda bekerja keras dan belajar! Program akuntansi yang hebat akan mengajarkan Anda praktik terbaik, persyaratan industri, dan skenario bisnis untuk mempersiapkan Anda menuju masa depan yang sukses di dunia akuntansi.

Ini juga merupakan ide yang baik untuk mempertimbangkan mengejar magang (atau magang) saat di sekolah. Meskipun beberapa program mungkin tidak memerlukannya, mengumpulkan pengalaman dunia nyata bukanlah hal yang buruk. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Anda mungkin juga dapat menemukan posisi entry level dalam hutang/piutang atau persiapan pajak saat Anda menjalani sekolah. Salah satu dari peluang ini dapat membantu resume Anda menonjol bagi perusahaan di masa depan!

4. Tentukan jenis akuntan yang Anda inginkan

Ada beberapa jenis kredensial akuntansi yang dapat Anda kejar setelah Anda mendapatkan gelar Anda. Memilih arah sangat tergantung pada apa yang Anda inginkan dari karier Anda dan seberapa banyak pendidikan dan pengalaman yang ingin Anda peroleh sebelum Anda disertifikasi.
Kebanyakan calon akuntan mendapati diri mereka berdebat antara menjadi akuntan publik atau akuntan swasta. Ada pro dan kontra untuk keduanya, tetapi itu benar-benar tergantung pada preferensi pribadi dan tujuan karier Anda.

Akuntan publik bekerja dengan berbagai klien untuk menyiapkan dokumen keuangan, seperti pajak. Akuntan swasta bekerja untuk organisasi tertentu, menyiapkan dan menganalisis laporan untuk eksekutif internal. Perbedaannya mungkin tampak sederhana, tetapi ada perbedaan yang cukup dramatis di lingkungan kerja. Jadi, penting untuk memutuskan opsi mana yang Anda sukai.

5. Mendapatkan pekerjaan dan mempersiapkan diri untuk ujian sertifikasi

Setelah lulus, Anda pasti ingin memulai pencarian pekerjaan Anda. Meskipun pada akhirnya Anda mungkin memiliki pikiran untuk mendapatkan sertifikat atau kredensial tambahan, itu tidak berarti pekerjaan akuntansi di luar jangkauan sampai Anda memilikinya. Cari papan pekerjaan lokal untuk posisi akuntansi staf, sempurnakan resume Anda , jadikan wawancara dan mulailah membangun pengalaman.
Dari sini, Anda harus memiliki pemahaman yang baik tentang apa (jika ada) kredensial akuntansi yang ingin Anda kejar, jadi Anda ingin mempelajari bidang subjek khusus yang perlu diketahui dari ujian atau ujian di depan Anda.

Sertifikasi CPA , misalnya, terdiri dari empat ujian. Mempelajari tes ini biasanya membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk belajar, menghafal istilah dan mempelajari seluk-beluk dunia akuntansi. Ada banyak sekali sumber daya, tutorial, dan contoh tes yang dapat membantu Anda mempersiapkan diri, tetapi Anda harus menyediakan waktu.
 
Apakah menjadi akuntan bagian dari masa depan Anda?

Sekarang setelah Anda mengetahui seluk beluk bagaimana menjadi seorang akuntan, Anda dapat membuat keputusan yang diperhitungkan apakah jalur karier ini tepat untuk Anda! Proyek BLS menuntut profesional akuntansi untuk meningkat, dan jika Anda bersemangat tentang bidang ini, Anda adalah komoditas yang diperlukan untuk sejumlah organisasi.
Tetapi karena Anda bukan orang yang bisa menyelam tanpa memeriksa ulang angkanya, Anda mungkin bertanya-tanya apakah gelar akuntansi akan terbayar.
 

Hubungi Kami FAC Institute

 

 

Butuh Training atau kursus Accurate ? Kunjungi Website FAC Institute sebagai implementator resmi Training Accurate.

FAC INSTITUTE akan ajarkan Anda A to Z cara pakai software ACCURATE tanpa Anda harus mahir akuntansi. Sejak 2014 sudah melakukan training accurate ke lebih dari 2000 klien di seluruh Indonesia, baik pebisnis UMKM, skala menengah hingga korporasi, perusahan dalam negeri maupun luar negeri.

Akuntansi