Konsultasi? Yuk tanya - tanya di : 0812 - 9008 - 3983 chat sekarang!

menu

7 Alasan Akuntansi Akurat Dapat Membuat Bisnis Sukses

By: Rifzky Alam

 

Kamu pasti tahu, bahwa setiap perusahaan membutuhkan akuntansi akurat untuk membuat pencatatan keuangan dan pajak lebih mudah dikelola juga dilaporkan, tetapi tahukah Kamu bahwa itu akuntansi akurat juga dapat meningkatkan nilai bisnis kamu dan membuat bisnismu makin sukses.

Sama seperti diet sehat yang dapat membuat seseorang penampilanya terlihat lebih menarik dari luar, prosedur back office yang sehat dapat membantu bisnis Kamu terlihat lebih baik bagi orang luar, termasuk klien Kamu saat ini. Jadi jika Kamu masih menunda-nunda untuk menggunakan software accounting, berikut adalah 7 alasan mengapa akuntansi yang akurat dapat membantu meningkatkan nilai bisnis Kamu dan membuat bisnismu makin sukses.

Training Accurate di FAC Institute


Akuntansi Akurat

1. Berinvestasi dalam Kualitas dan Efiktifitas

Akunting yang akurat juga membantu pemilik bisnis mempertimbangkan konsekuensi pengambilan keputusan tentang investasi besar.

Bisakah software atau peralatan baru berdampak signifikan pada proses Kamu? Bisakah ini membantu karyawan menyelesaikan pekerjaannya lebih cepat dan dengan lebih sedikit stres? Bisakah itu memuaskan klien dengan meningkatkan waktu penyelesaian atau menyediakan produk atau layanan berkualitas tinggi? Jawabanya sangat bisa.

Tanpa data keuangan yang up to date, sulit untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan investasi semacam itu, apakah Kamu mampu melakukannya dan bagaimana dampaknya terhadap arus kas. Dengan informasi akuntansi yang up to date berarti Kamu lebih siap untuk mengambil keuntungan dari investasi tersebut ketika ada peluang.

2. Karyawan Jadi Lebih Bahagia

Akuntansi akurat bukan hanya sekedar debit dan kredit. Itu juga penting untuk sumber daya manusia. Data keuangan yang tepat waktu membantu Kamu mengetahui kapan harus menambah staf baru atau kapan Kamu perlu melakukan perampingan pekerja. Kamu juga dapat menganalisa perbedaan pada saat bisnis berada di tahun yang menguntungkan atau  ketika berada di zona merah.

Ketika Kamu tahu persis seberapa banyak pengeluaran bisnis Kamu untuk gaji, pajak gaji, tunjangan karyawan dan tunjangan lainnya, Kamu lebih bisa membuat keputusan pertumbuhan untuk bisnis Kamu.

Setelah Kamu merekrut orang yang tepat, saatnya untuk membuat mereka bahagia! Memiliki klien yang bahagia dimulai dengan karyawan yang bahagia. Jadi apa saja kira-kira yang membuat karyawan senang?

Menurut Harvard Business Review, bagi sebagian besar karyawan mereka akan senang jika  mereka memperoleh manfaat dan tunjangannya, asuransi gigi dan penglihatan, termasuk asuransi kesehatan , jam fleksibel, waktu liburan, opsi kerja-dari-rumah, pinjaman mahasiswa dan bantuan biaya kuliah dan lain sebagainya.

Akuntansi yang akurat dapat membantu organisasi Kamu merencanakan dan juga dapat menghitung gaji, kebijakan liburan, cuti sakit, cuti dibayar, tunjangan medis, dan aspek pekerjaan lainnya.

3. Mencegah Penipuan (Fraud)

Ketika Kamu memiliki catatan dalam sistem akuntansi bisnis Kamu, Kamu membandingkan transaksi yang mengenai rekening bank (rekening koran) Kamu dengan buku cek perusahaan Kamu, membandingkan pengeluaran aktual dengan anggaran dan dengan hati-hati melihat uang mengalir masuk dan keluar dari bisnis Kamu. Pengawasan ini dapat membantu Kamu menemukan perbedaan dengan cepat karena penipuan, penggelapan, pemborosan atau kecerobohan (human error).

Fraud dapat memiliki dampak signifikan pada bisnis Kamu, tidak peduli seberapa kecil itu. Bayangkan jika ada satu orang karyawan yang korup di perusahaan Kamu dan itu menjadi sebuah berita. Pelanggan mungkin kehilangan rasa hormat dan kepercayaan yang sudah perusahaan kamu dengan susah payah. Kamu mungkin harus meluangkan waktu ekstra dan sumber daya untuk memantau dampak dan meyakinkan klien bahwa perusahaan Kamu masih layak dipercaya dan berdiri atas visi misi yang benar.

4. Kontrol Biaya

Ketika kita berbicara tentang mengendalikan biaya, kebanyakan orang berpikir untuk terus meningkatkan laba. Meskipun itu tentu saja penting, namun bukan hanya hal itu saja jika kita menginginkan organisasi yang lebih efektif dan maksimal. Yang harus Kamu tahu bahwa akuntansi adalah fungsi back-office yang paling penting dari perusahaan mana pun.

Setiap bisnis cenderung memiliki sumber daya yang terbatas. Catatan akuntansi perusahaan Kamu berisi data yang dapat membantu pengambilan keputusan, mulai dari meningkatkan operasi hingga menanggapi kebutuhan pelanggan dan mengukur hasil yang telah atau akan dilakukan pada bisnis Kamu.

5. Manajemen Keuangan

Apakah Kamu menjalankan bisnis Kamu dengan peputaran keuangan bisnis yang tengah menghadapi krisis? Pelanggan selalu memperhatikan pelayanan yang Kamu berikan. Mereka memperhatikan ketika kebutuhan mereka tidak terpenuhi karena bisnis Kamu sedang susah payah berjuang.

6. Menjaga Hubungan Bisnis

Hubungan dengan vendor dan customer memainkan peran besar dalam keberhasilan bisnis apa pun. Ketika vendor mempertanyakan mengapa tagihan belum dibayar padahal sudah melewati jatuh tempo atau klien bertanya mengapa layanan yang mereka pesan belum dipenuhi, dapat membantu Kamu dengan cepat mencari informasi, menjawab pertanyaan dan menjaga hubungan.

7. Menjaga Stabilitas Keuangan Bisnis

Akuntansi yang akurat membantu bisnis Kamu dalam membuat dan mengendalikan anggaran perusahaan untuk mengetahui kapan dan bagaimana uang datang-pergi dalam arus kas bisnis Kamu. Ini juga dapat membantu Kamu merencanakan cadangan kas yang cukup saat Kamu menghadapi krisis yang tidak Kamu kira.

Perusahaan tanpa anggaran seperti kapal yang melayang di laut tanpa kapten, Kamu tidak pernah tahu kapan Kamu bisa menabrak gunung es. Apa hubungannya penganggaran dengan klien Kamu?

Coba pertimbangkan hal ini: ketika Kamu sedang melakukan efisiensi ketat pada pengeluaran bisnis, Kamu mungkin harus memotong biaya pada pengeluaran tertentu. Mungkin Kamu perlu melepaskan karyawan yang telah membangun hubungan baik dengan pelanggan atau membiarkan pelanggan menggunakan produk Kamu dengan sistem pelayanan sendiri (self-service).

Terkadang memang memungkinkan untuk memotong biaya sambil mempertahankan atau meningkatkan kualitas, tetapi tindakan pemotongan biaya lainnya memengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan kamu. Mereka bahkan mungkin menemukan bahwa bisnis Kamu sedang berjuang untuk bertahan hidup. Pelanggan tidak ingin naik kapal yang akan tenggelam, jadi pertahankan informasi akuntansi yang akurat, kendalikan anggaran Kamu dan jaga agar pengalaman pelanggan stabil.

Itu terjadi jika manajemen keuangan yang buruk dan itu mematikan bagi klien. Mereka bahkan dapat mempengaruhi pelanggan Kamu untuk membawa uang mereka ke tempat lain, tentu kamu tidak mau hal itu terjadi bukan?. Manajemen keuangan dan akuntansi akurat akan membuat arus kas Kamu terkontrol dengan baik dan tentunya membantu Kamu menangani pendapatan dan pengeluaran dengan masuk akal.

Kamu memulai bisnis untuk melayani pelanggan Kamu dan melakukan apa yang Kamu sukai. Bukan untuk menghabiskan waktu berjam-jam untuk akuntansi dan pembukuan.


Hubungi Kami FAC Institute

Akuntansi artikel