Tutorial Install Accurate : Kuantitas Sistem Pada Perintah Stok Opname Tidak Sama dengan Laporan Persediaan

 

Saat proses Stok Opname selesai dilakukan dan terdapat kondisi dimana Kuantitas Sistem pada Perintah Stok Opname berbeda dengan Kuantitas pada Laporan Persediaan, hal ini bisa terjadi karena ada dilakukan pengubahan atau penginputan transaksi dengan Tanggal Transaksi sebelum Tanggal Perintah Stok Opname dan dilakukan proses penginputannya setelah Perintah Stok Opname selesai dilakukan.

Ilustrasi : Perintah Stok Opname dilakukan pada tanggal 20 April 2022 atas Item A dan diselesaikan pada tanggal 20 April 2022. Jika dilihat per hari ini (setelah Perintah Stok Opname selesai dilakukan) Kuantitas sistem pada Perintah Stok Opname atas Item A adalah 13 pcs sedangkan pada Laporan Mutasi Gudang adalah 11 pcsterdapat selisih sebesar 2 pcs.

 

Transaksi Perintah Stok Opname Status Selesai

 

 

Kuantitas Hitung pada Perintah Stok Opname

 

tutorial install accurate

Laporan Persediaan

 

Pada kasus ilustrasi diatas, anda bisa lakukan pengecekan satu per satu pada setiap transaksi sebelum tanggal Perintah Stok Opname yaitu sebelum tanggal 20 April 2022, untuk mencari transaksi yang di-ubah atau diinput setelah tanggal Perintah Stok Opname atau saat Perintah Stok Opname selesai dilakukan.

Pengecekan bisa dilakukan melalui Log Aktifitas yang bisa diakses melalui menu Perusahaan. Kemudian lakukan filter pada bagian Tanggal, diisikan dengan tanggal Perintah Stok Opname s/d per hari ini. Dan isikan filter Tanggal Transaksi adalah dengan tanggal sebelum Perintah Stok Opname s/d per Tanggal Stok Opname.

 

tutorial install accurate

Filter Log Aktivitas

 

Untuk kasus ilustrasi diatas, pada bagian tanggal diisikan dengan tanggal 20 April 2022 s/d per hari ini yaitu 30 April 2022. Kemudian di Tanggal Transaksi diisikan dengan tanggal misalnya 1 Januari 2021 s/d 20 April 2022 (sebelum tanggal Perintah Stok Opname s/d Tanggal Stok Opname).

Dan saat pencarian, tampil salah satu transaksi penyebab selisih yang terdapat pada Laporan Mutasi Gudang, yaitu transaksi Faktur Penjualan dengan nomor transaksi SI.2022.03.0002 dengan tanggal transaksi 10 Maret 2022 dan diinput pada tanggal 20 April 2022. Dan transaksi ini yang menyebabkan perbedaan selisih pada Kuantitas Sistem di Perintah Stok Opname dengan Laporan Persediaan.

tutorial install accurate

Detail Log Aktivitas

 

Kesimpulan :

  • Kuantitas Sistem pada Perintah Stok Opname tidak akan berubah mengikuti perubahan transaksi setelah Perintah Stok Opname selesai dilakukan.
  • Pada kasus serupa cara pengecekan seperti pada ilustrasi diatas belum tentu bisa menemukan transaksi penyebab selisih nilai kuantitas tersebut. Hal ini bisa dikarenakan terlalu banyak-nya transaksi sebelum Perintah Stok Opname sehingga menyulitkan untuk melakukan pengecekan setiap transaksi. Dan pada Log Aktifitas tidak bisa melakukan filter lebih khusus ke nama barang tersebut

 

 

Tutorial Install Accurate : Kuantitas Sistem Pada Perintah Stok Opname Tidak Sama dengan Laporan Persediaan

Pelajari semua fitur Accurate online dengan training di FAC Institute. Mudah, resmi, bersertifikasi dan profesional. Kamu bisa mahir akuntansi walaupun tanpa background akuntansi sekalipun. Berikut ini benefit yang akan kamu dapatkan jika mengikuti training di FAC Institute :

 

Memiliki Trainer yang Profesional

Nggak perlu ragu daftar kursus Accurate di FAC Institute karena kami memiliki trainer yang profesional, resmi, dan pastinya berpengalaman melayani pelatihan Accurate bagi perusahaan di dalam negeri maupun luar negeri

 

Resmi dan memiliki izin dari CPSSOFT

FAC Institute merupakan perusahan jasa training Accurate yang resmi dan sudah memiliki izin dari CPSSOFT yaitu perusahaan pengembang Software Akuntansi Accurate. Dijamin anti kaleng-kaleng!

 

Support Penuh

Dukungan penuh spesial buat kamu setelah menjalani kursus Accurate yang bisa dikonsultasikan via  WhatsApp dan telepon (selama jam kantor) khusus pelanggan FAC Institute

 

Sertifikat Gratis

Setelah belajar Accurate di FAC Institute, selamat! kamu well certified. Kamu akan mendapatkan sertifikat gratis dari kami

 

Training Accurate dari A sampai Z

Maksimalkan kemampuan Accurate kamu! Trainer FAC Institute siap ngajarin kamu berbagai fitur Accurate dari A sampai Z sesuai kebutuhanmu, asik banget kan?

 

Trainer Resmi Bersertifikasi

Bebas konsultasi kebutuhan pencatatan keuangan perusahaanmu dengan trainer FAC Instiute yang profesional dan telah besertifikasi resmi Certified Accurate Proffesional (CAP)

 

Nah, banyak benefit training accurate yang bakal kamu dapetin kan? Yuk, jangan ragu konsultasikan kebutuhan pencatatan keuangan perusahaanmu dengan mengikuti training Accurate dari FAC Institute. Kamu juga nggak perlu khawatir terkendala PPKM karena FAC institute juga menyediakan program training Accurate yang bisa dilakukan dari rumah atau secara daring/online. Rasakan benefitnya sekarang, Klik Disini untuk pendaftaran dan konsultasi