Distributor merupakan usaha yang membeli produk dari produsen dan menjualnya kembali ke retail dan toko bersangkutan. Usaha distributor terkenal mengambil profit berdasarkan quantity margin bukan quality margin. Hal ini didasari usaha distributor mengambil margin tipis disetiap penjualannya.

Jika diasumsikan toko dan distributor menjual barang yang sama, untuk mendapatkan margin yang sama dengan toko, distributor perlu menjual 10 barang. Hal ini menyebabkan distributor fokus pada volume penjualan untuk mendapatkan margin yang besar. Ilustrasi bisa diliat dibawah ini.

Ilustrasi Gambar

Berdasarkan data diatas, maka distributor perlu melakukan kontrol stok dengan baik dan benar untuk efisiensi perusahaan dan meminimalisir kerugian akibat barang hilang/ rusak karena akan mengurangi margin perusahaan. Salah satu kontrol stok yang sangat diperlukan oleh distributor adalah kesamaan data antara surat jalan yang dibuat dengan barang yang dikirim oleh bagian pengiriman.

Gambar Fitur Pengepakan Barang by Accurate Online

Hal ini didasarkan pada fakta dilapangan bahwa setiap hari distributor melakukan pengiriman ke banyak pelanggan dengan jenis barang yang bervariasi. Distributor biasanya membuat surat jalan yang diberikan ke pelanggan H-1 sebelum dilakukan pengiriman. Surat jalan yang dibuat itu menjadi dasar pengepakan untuk barang yang akan dikirim. Namun dikarenakan perhitungannya manual, sering terjadi perbedaan jumlah barang yang tertera di surat jalan dengan jumlah barang yang dikirim oleh bagian pengiriman. Kasus lain sering terjadi bagian pengiriman berlebihan membawa satu jenis barang, dilain pihak kekurangan membawa jenis barang lainnya. Penyebab hal ini bisa berdasarkan human error, perhitungan barang masih dilakukan manual atau data pengiriman yang tidak valid (berubah-ubah) sehingga terjadi perbedaan.

Namun solusi masalah tersebut sudah disediakan dalam salah satu fitur di Accurate Online yaitu Pengepakan Barang. Fungsi fitur ini sangat sederhana, yaitu menghitung jumlah kuantitas masing-masing barang yang akan dikirim berdasarkan surat jalan yang telah dibuat. Jadi, ketika distributor membuat surat jalan H-1, maka pada saat pengepakan barang hanya perlu memilih surat jalan yang telah dibuat, maka sistem akan otomatis menjumlahkan secara total masing-masing jenis barang. Hal ini bertujuan meminimalisir resiko perbedaan jumlah barang yang dibuat di surat jalan dengan yang akan dikirim oleh bagian pengiriman. Simak Tutorial Youtube “Pengepakan Barang by Accurate Online”.