Agent Accurate : Laporan Keuangan Bisnis Manufaktur

 

Laporan keuangan menurut Standar Akuntansi Keuangan (PSAK No. 1 (2015:1) adalah penyajian yang terstruktur dari posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu entitas. Dapat simpulkan bahwa laporan keuangan merupakan laporan yang menunjukkan posisi dan kondisi keuangan dari perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Umumnya, laporan keuangan perusahaan terdiri dari laporan neraca, laba rugi, arus kas, dan perubahan modal, tidak terkecuali untuk perusahaan manufaktur.

 

Perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang kegiatan utamanya adalah sebagai pengelola bahan mentah atau bahan baku menjadi barang jadi, lalu kemudian barang jadi tersebut terjual.

 

Dalam menyusun laporan keuangan perusahaan industri manufaktur, ada beberapa jenis laporan utama yang harus  disiapkan. Ada laporan pencatatan Harga Pokok Produksi (HPP), laporan laba rugi, neraca, dan laporan perubahan modal atau ekuitas.

Adapun klasifikasi pada perusahaan manufaktur adalah sebagai berikut :

  • Persediaan bahan baku
  • Adanya persediaan dalam proses
  • Persediaan barang jadi

Perusahaan manufaktur merupakan perusahaan yang aktivitas usahanya mengubah barang metah menjadi barang jadi. Dalam hal ini perusahaan manufaktur memproduksi sendiri sebuah produk lalu menjualnya ke supplier atau pembeli langsung.

 

Manfaat laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur

1 Sebagai Pedoman Laporan Keuangan

Laporan ini yang akan merangkum pendapatan yang mendapatkan dengan biaya manufaktur yang mengeluarkan.

Dengan mengetahui bagaimana relasi pendapatan dengan biaya, perusahaan dapat mencari cara agar pendapatan

yang mendapatkan pada tahun berikutnya lebih baik, daripada dengan pendapatan tahun ini.

 

2 Indikator Performa Perusahaan

Laporan keuangan juga berfungsi sebagai indikator performa perusahaan tersebut. Apalagi jika perusahaan tersebut adalah perusahaan publik, yang secara aktif menjual sebagian dari perusahaannya kepada masyarakat umum dalam bentuk saham

 

3 Sebagai Data Pembanding

Laporan keuangan yang membuat dapat menggunakan sebagai pembanding bagaimana performa perusahaan dalam produksinya. Selain itu perusahaan juga dapat menentukan strategi jangka panjang dan pendek.

 

4 Monitor Kesehatan Keuangan Perusahaan

Laporan keuangan sebuah perusahaan dapat mengetahui performa kesehatan keuagan mereka. Kesehatan keuagan sebuah perusahaan merupakan hal yang sangat penting sebagai penyokong eksistensi perusahaan itu sendiri.

 

Agent Accurate : Laporan Keuangan Bisnis Manufaktur

 

Pelajari semua fitur Accurate online dengan training di FAC Institute. Mudah, resmi, bersertifikasi dan profesional. Kamu bisa mahir akuntansi walaupun tanpa background akuntansi sekalipun. Berikut ini benefit yang akan kamu dapatkan jika mengikuti training di FAC Institute :

 

Memiliki Trainer yang Profesional

Nggak perlu ragu daftar kursus Accurate di FAC Institute karena kami memiliki trainer yang profesional, resmi, dan pastinya berpengalaman melayani pelatihan Accurate bagi perusahaan di dalam negeri maupun luar negeri

 

Resmi dan memiliki izin dari CPSSOFT

FAC Institute merupakan perusahan jasa training Accurate yang resmi dan sudah memiliki izin dari CPSSOFT yaitu perusahaan pengembang Software Akuntansi Accurate. Dijamin anti kaleng-kaleng!

 

Support Penuh

Dukungan penuh spesial buat kamu setelah menjalani kursus Accurate yang bisa dikonsultasikan via  WhatsApp dan telepon (selama jam kantor) khusus pelanggan FAC Institute

 

Sertifikat Gratis

Setelah belajar Accurate di FAC Institute, selamat! kamu well certified. Kamu akan mendapatkan sertifikat gratis dari kami

 

Training Accurate dari A sampai Z

Maksimalkan kemampuan Accurate kamu! Trainer FAC Institute siap ngajarin kamu berbagai fitur Accurate dari A sampai Z sesuai kebutuhanmu, asik banget kan?

 

Trainer Resmi Bersertifikasi

Bebas konsultasi kebutuhan pencatatan keuangan perusahaanmu dengan trainer FAC Instiute yang profesional dan telah besertifikasi resmi Certified Accurate Proffesional (CAP)

 

Nah, banyak benefit training accurate yang bakal kamu dapetin kan? Yuk, jangan ragu konsultasikan kebutuhan pencatatan keuangan perusahaanmu dengan mengikuti training Accurate dari FAC Institute. Kamu juga nggak perlu khawatir terkendala PPKM karena FAC institute juga menyediakan program training Accurate yang bisa dilakukan dari rumah atau secara daring/online. Rasakan benefitnya sekarang, Klik Disini untuk pendaftaran dan konsultasi – Agent Accurate

 

agent accurate