Setelah pengaturan jumlah stok minimum pada masing-masing barang, berikut cara untuk membuat Pesanan Pembelian dengan memanfaatkan fasilitas stok minimum :

  1. Masuk ke menu Persediaan |  Barang Stok Minimum, kemudian pilih nama Pemasok yang akan dibuatkan Pesanan Pembeliannya lalu klik Refresh.

Note :
Dengan mem-filter nama pemasok,  maka barang yang tampil adalah barang yang memilih nama pemasok tersebut sebagai pemasok utama dan barang yang mengosongkan nama pemasok utama.
Misalnya, Pemasok umum merupakan Pemasok Utama untuk Barang B, maka saat memilih nama Pemasok Umum pada Barang Stok Minimum maka akan ditampilkan nama Barang B dan nama barang lainnya yang tidak diisikan Pemasok Utama-nya. Dan untuk barang yang mengisikan Pemasok Utama-nya adalah bukan Pemasok Umum tidak akan ditampilkan. (lihat gambar untuk ilustrasi).Pesanan Pembelian dengan Stok Minimum

*  Jika difilter pemasok lainnya selain “Pemasok Umum”, misalkan pemasok PT. Cipta Piranti Sejahtera, maka Barang B tidak tampil.Pesanan Pembelian dengan Stok Minimum

2. Pilih nama barang yang akan dibuatkan Pesanan Pembeliannya, kemudian klik ‘Pesan’ dan otomatis akan tampil formulir Pesanan Pembelian dengan nama barang yang dipilih dengan jumlah kuantitas barang sesuai dengan minimum stok-nya (jika informasi Minimum Beli tidak ditentukan). Jika minimum beli ditentukan, maka jumlah kuantitas barang pada Formulir Pesanan Pembelian akan sesuai dengan jumlah minimum Beli-nya (lihat ilustrasi gambar).

– Contoh pesanan pembelian barang diisi minimum beliPesanan Pembelian dengan Stok Minimum

Pesanan Pembelian dengan Stok Minimum

– Contoh pesanan pembelian barang  tidak diisi minimum beli, menampilkan kuantitas dari batas minimum stok